Posyandu Siklus Hidup di Desa Adat Anggasari

Munduktemu, 5 September 2024   ~  Posyandu Siklus Hidup di Desa Munduktemu , Kecamatan Pupuan, secara rutin menggelar layanan kesehatan bulanan bagi masyarakat desa. Kegiatan yang berlangsung di Balai Desa Anggasari ini diadakan setiap bulan dengan tujuan memberikan pelayanan kesehatan terpadu kepada seluruh siklus hidup, mulai dari bayi, anak-anak, ibu hamil, hingga lansia.

Posyandu Siklus Hidup ini berfokus pada pelayanan kesehatan yang menyeluruh dan berkelanjutan untuk seluruh warga desa, dengan memastikan pemantauan kesehatan dari lahir hingga usia lanjut. Setiap bulannya, masyarakat memanfaatkan layanan ini untuk pemeriksaan kesehatan dasar, imunisasi, pemantauan tumbuh kembang anak, serta edukasi mengenai pola hidup sehat.

Kepala Desa Drs. I Gusti Made Arsana mengungkapkan pentingnya program ini bagi kesehatan masyarakat. "Dengan adanya Posyandu Siklus Hidup yang dilaksanakan secara rutin, warga bisa mendapatkan layanan kesehatan tanpa harus jauh-jauh ke pusat kesehatan. Posyandu ini juga membantu memantau kesehatan anak-anak dan lansia secara konsisten," ujarnya.

Salah satu peserta, mengungkapkan manfaat dari kegiatan Posyandu Siklus Hidup ini. "Saya selalu datang setiap bulan untuk memeriksa kesehatan anak-anak saya. Kegiatan ini sangat membantu kami sebagai warga untuk memantau tumbuh kembang anak tanpa biaya," katanya.

Kegiatan Posyandu Siklus Hidup juga melibatkan kader kesehatan desa yang berperan aktif dalam mendata dan mengajak warga untuk datang setiap bulan. Kader kesehatan desa berperan dalam memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya menjaga kesehatan sejak dini, serta memantau kesehatan lansia di lingkungan masing-masing.

Keberlanjutan program Posyandu Siklus Hidup ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa secara keseluruhan, dengan memberikan akses layanan kesehatan yang mudah, terjangkau, dan berkualitas.